Monday, April 02, 2007

Tentang Seluruh Hidup Chrisye dan Separuh Hidupku..


Berita meninggalnya Chrisye memang lumayan bikin sedih seluruh Indonesia.Di lingkup kecil aja, di kantorku misalnya. Yang isinya cuman 15 orang bawel-bawel itu, wuaaahhhh... langsung termangu-mangu sejak kami masuk kantor, pagi-pagi buta. Tiap berita tentang Chrisye, kami melakukan "pause" utk semua kegiatan. Cuma buat nonton beritanya.

Sepertinya, semua penghuni kantorku, punya perasaan yang sama. Sedih, agak terpukul juga, begitu tahu bahwa Chrisye sudah meninggal dunia (Jumat, 30 Maret 2007, pukul 04.08 WIB dini hari). Lalu, untuk mengenangnya, kami makan siang di warung CEPOEK, di kawasan Kallibata. Ada tanda tangan Chrisye di dindingnya.

Sepanjang makan siang, kami juga ditemani dengan lantunan lagu-lagu Chrisye di sana. Haaaahhhh... sedih!
Tapi lapar emang tidak mengenal kompromi. Kami tetap aja semangat untuk makan. hihiiiiii...

Berita di milis media, penuh dengan ucapan duka.
Saya, bukan saudara dekat Chrisye...
Saya, bukan pula saudara jauhnya Chrisye...
Saya, juga tidak punya pertalian darah sama sekali dengan Chrisye...

Tapi saya bisa merasakan kedekatan itu sejak pertama kali saya kenal dengan lagu-lagunya. Saya mengenal Chrisye sejak saya duduk di kelas 1 SD.
Pertama kali, saya dengarkan lagu Chrisye, yang judulnya: SABDA ALAM. Seumur saya yang masih cabe rawit dan cuma kenal lagu-lagunya Adi Bing Slamet dan Chicha Koeswoyo, baru kali itu saya mendengarkan lagu dan semua bulu kuduk saya merinding...

Waktu itu, saya nggak ngerti, apa sebabnya. Sejak itu, saya selalu ingin dengarkan lagu ini, setiap sebelum tidur. Hah...! Padahal syairnya aja, saya nggak paham sama sekali...!!! ! Tapi saya nggak peduli. Ada rasa nyaman yang saya rasakan tiap dengar lagu itu.

Lalu, kami pindah ke Kalimantan Timur (ke sebuah kota kecil yang namanya: Tarakan). Saya kelas 3 SD waktu itu. Sesampainya di rumah baru, saya cari kaset Chrisye (yang entah milik siapa itu..) yang sering diputar itu. Tapi tidak kutemukan... !!! sebel!!!

Saya mulai memburu lagu-lagu Chrisye. Caranya? Merengek pada ayahku (almrhm), untuk dibelikan kaset Chrisye. Mulanya, ayahku mengernyitkan dahi. "Ah, kamu kan nggak ngerti lagu-lagunya Chrisye..," begitu katanya.

Tapi aku memang nggak mau ngerti. Tiap ayahku pulang kantor, yang kutanya cuma itu. Walaupun ia membelikanku setumpuk buku cerita Lima Sekawan dan Trio Detektif, aku tetap menanyakan, kaset Chrisye..!!! "Mana kasetnya?" berminggu-minggu aku merengek. Akhirnya, aku punya kaset barunya. Huaaaahhhh.. ..senengnya sampai ke langit..!
Waktu itu aku dibeli-in yang...(judul albumnya aku lupa). Tapi aku masih inget, di dalamnya ada lagu yang judulnya : Leny.

Sejak itu, aku tidak pernah suka lagi sama lagu-lagunya Adi Bing Slamet dan Chicha Koeswoyo yang suaranya cempreng-cempreng gepeng itu. iiiiiihhh... .!Kasetnya kusembunyikan.

Sejak itu juga, ayahku juga jadi pemburu kaset Chrisye. Tiap ada album barunya, dia belikan untukku. Selain itu, yang kutahu, ayahku memang senang mengoleksi kaset dari macam-macam musik.

Yang kuingat, dia sering beli kaset : Francis Goya...(yang kudengar cuma bunyi denting gitar doang. aku tidak terlalu suka.), ada juga kaset-kaset nya Ebiet G. ade, Iwan Fals, BIMBO, IDRIS SARDI (yang ini, lebih aneh lagi. bunyinya aneh...ngak- ngik ngok...akhirnya aku tau, itu bunyi biola...hihihi. ..), ANDY WILLIAMS, BONEY M, ABBA, dan ah...banyak.

Lalu, aku lulus SD, ada lagu Chrisye: ANAK SEKOLAH..haaahhaaa... kuputar tiap hari. Apalagi hari Minggu. Ayahku selalu pasangkan kaset ini dgn volume yang nyariiiing.. . biar aku bisa bangun pagi. hehe...(bakat malesnya udah ada sejak baheulaa...)

Lalu..ada banyak lagu Chrisye yang jadi temanku, tiap baca buku, tiap menyapu halaman, tiap kali menemani adik-adikku, tiap kali aku bangun pagi, dan pada waktu aku jatuh cinta untuk pertama kalinya.... ehem...ehem. ...waktu itu, aku masih SMP. hehehe....
Lagu Chrisye yang jadi temanku waktu itu, Merpati Putih...

Ah....sampai sekarang, dirumahku masih ada CD Chrisye... album terbaiknya.Kemarin, aku pulang ke rumahku. Adik-adikku langsung mengulas berita tentang berita duka Chrisye. Ibuku juga begitu. Bahkan pada saat Ibuku tau Chrisye meningal dunia, dia menangis sedih di depan televisi.
(ini memang menggelikan. Tapi memang benar-benar terjadi...)

"Kita kan dekat sekali dengan Chrisye. Apalagi, waktu kita di Kalimantan, ya..," begitu ucapnya.

Chrisye....memang teman terbaik yang pernah dekat dengan separuh hidupku...
Chrisye, kami semua berdoa untukmu. Untuk semua perjalananmu. ..



Writer : Ayu N. Andini
Photo: downloaded from www.infoartis.com

No comments: